+62 741 306 3788

Profil UPT BKN Jambi

VISI

Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Tahun 2025 

MISI

1. Mengembangkan Sistem Manajemen Kepegawaian Negara.

2. Mengembangkan Sistem Pelayanan Kepegawaian.

3. Mengembangkan Manajemen Internal BKN.

Misi BKN dalam Renstra 2015-2019 adalah:

  1. Mengembangkan dan Mengoptimalkan Sistem Pelayanan Kepegawaian
  2. Mengembangkan dan Mengoptimalkan Sistem Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian
  3. Mengembangkan dan Mengoptimalkan Sistem Peraturan Perundang-Undangan, Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai
  4. Mengembangkan dan Mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
  5. Mengembangkan dan Mengoptimalkan Sistem Manajemen Internal BKN

Dalam upaya meningkatkan peran Badan Kepegawaian Negara dalam pelaksanaan manajemen Pegawai Negeri Sipil, dibentuk Kantor Regional (Kanreg). Peran Kantor Regional BKN adalah untuk melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN dan pelayanan Administrasi kepada Pegawai Negeri Sipil diwilayah kerja Kantor Regional.

Didalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara salah satunya disebutkan bahwa seleksi calon dan penilaian kompetensi pegawai Aparatur Sipil Negara harus berdasarkan system merit. Yaitu penilaian dengan mendasarkan pada kualifikasi kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan. Guna menjamin dan mendukung efektivitas serta efisiensi pelaksanaan sistem merit khususnya fungsi seleksi calon dan penilaian kompetensi pegawai Aparatur Sipil Negara di daerah, Badan Kepegawaian Negara telah menerbitkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 36 Tahun 2015 tentang Organsiasi dan Tata Kerja Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Apratur Sipil Negara.

Organisasi dan tata kerja Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara telah mendapatkan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Surat MenteriPendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/3891/M.PARNRB/10/2014 tentang Penataan Organisasi dan Tata Kerja di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara. 

Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara Jambi merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Badan Kepegawaian Negara yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Deputi yang membidangi Sistem Informasi Kepegawaian melalui Kepala Kantor Regilnal VII Badan Kepegawaian Negara Palembang.

Gedung Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Apratur Sipil Negara Jambi menggunakan salah satu gedung didalam lingkungan UPTD Panti Sosial Bina Remaja dan Wanita (PSBRW)  dibawah Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi yang terletak di Jl. Kapten Patimura No. 90 Kec. Telanaipura Kota Jambi. Diatas tanah seluas 600 m2 dengan luas bangunan seluas 388 M2, bangunan ini berstatus pinjam pakai selama 5 tahun berdasarkan MOU dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Nomor : 144/SPP.Gub/BPKAD/2016 dan 08/KKS/I/2016 pada tanggal 4 Februari 2016. Untuk kelancaran kerja Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara Jambi, selain pinjam pakai bangunan kantor juga di berikan fasilitasi Rumah Dinas Kepala UPT Diatas tanah 458,15 M2, dengan luas bangunan 128,80 M2.

Dalam pelaksanaannya Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Apratur Sipil Negara akan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah Propinsi/ Kabupaten /Kota di wilayah kerja Propinsi Jambi untuk penyelenggaraan seleksi calon dan penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negara.

Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara mempunyai tugas menyelenggarakan seleksi pegawai berbasis teknologi informasi dan melaksanakan penilaian kompetensi pegawai.

Dalam melaksanakan tugasnya, Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai menyelenggarakan fungsi:

  1. Seleksi pegawai berbasis-teknologi informasi
  2. Fasilitasi seleksi pegawai berbasis teknologi informasi
  3. Pengelolaan teknologi informasi sistem seleksi pegawai
  4. Penilaian kompetensi pegawai
  5. Fasilitasi penilaian kompetensi pegawai
  6. Urusan rencana program dan anggaran, ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga, hukum, kerja sama, dan hubungan masyarakat

Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Jambi ini meliputi wilayah kerja :

Provinsi Jambi
Kota Jambi
Kabupaten Tebo
Kabupaten Kerinci
Kabupaten Sungai Penuh
Kabupaten Batang Hari
Kabupaten Muaro Jambi
Kabupaten Merangin
Kabupaten Bungo
Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Kabupaten Sarolangun